Senin, 07 Maret 2016 | By: RA #Admin#

Selayang Pandang STAI Tafaqquh Fiddin Dumai

Pentingnya Pendidikan Tinggi Islam di kota Dumai mendorong pembentukan Sekolah Tinggi Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai di bawah naungan Yayasan Tafaqquh Fiddin pada tahun 1999. Dengan dipertegas oleh Surat Keputusan Koordinator KOPERTASI Wilayah XII Nomor : 05/XII/K/2000 Tentang IZIN OPERASIONAL, Tanggal 1 April 2000. Setelah berjalan dua tahun, STAI Tafaqquh Fiddin memperoleh Status Terdaftar dengan SK Menteri Agama Nomor : DJ.II/264/2002, 12 Juli 2002.
Kemauan besar para pendiri sekolah ini untuk merealisasikan suatu pendidikan agama yang profesional di kota Dumai, menyebabkan segala upaya dilakukan. Pada priode pertama. pihak yayasan bersama pengurus STAI berjuang bertungkuslumus untuk mendapatkan izin serta membangun kampus. Dalam usaha mendapatkan perizinan, perjuangan panjang yang dilakukan sejak tahun 1999, baru membuahkan hasil yakni dengan dikeluarkannya izin operasional oleh KOPERTAIS Wilayah XII pada tahun 2000. Izin operasional itu ternyata belum cukup untuk menunjukan eksistensi STAI, sehingga pada tahun 2002 pihak yayasan kembali melakukan usaha-usaha untuk mendapatkan izin terdaftar. Akhirnya pada tahun tersebut izin terdaftar dari Menteri Agama Republik Indonesia dapat dikantongi STAI Tafaqquh Fiddin.
Keluarnya izin terdaftar tersebut belum dapat menenangkan hati dan perasaan baik pihak yayasan mahupun pengurus STAI. Keadaan perkuliahan yang selalu berpindah-pindah mulai dari Asrama haji Jalan Pattimura, ke Rumah Toko Pak T. Said Rahman di Jalan Sukajadi sampailah ke MDA Al-Bahri Kompleks PELINDO, sangat memilukan dan sulit untuk terlupakan. Keadaan itu menjadi sedikit terobati manakala akhirnya yayasan berhasil meloloskan bantuan pembangunan gedung kampus STAI Tafaqquh Fiddin pada APBD Provinsi Riau tahun 2003. Sementara itu pihak pengurus berhasil pula  mendapatkan hibah lahan kampus dari Pemerintah Kota Dumai seluas 10.000 m2.
Keadaan yang sangat melegakan hati para pendiri sekolah ini adalah manakala pada tanggal 20 Juli 2004 bertempat di Hotel Patra Dumai STAI Tafaqquh Fiddin melaksanakan wisuda perdana yang diikuti 40 orang wisudawan. Dimana sebelumnya pihak pengurus telah melakukan dua kali munaqasyah yakni kali pertama di Wisma Mella Pekanbaru pada 8 April 2003 dan kali kedua di Hotel Tasia Ratu Dumai pada 8 Januari 2004.
Kini Sekolah Tinggi Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai akan terus berkembang dan melanjutkan perjuangan baik membenahi kualitas pelayanan kepada mahasiswa, melakukan inovasi-inovasi guna keperluan pembangunan dan kemasyarakatan. Karena STAI Tafaqquh Fiddin Hadir sebagai jawaban atas kebutuhan keberagamaan ditengah masyarakat plural transisi dan metropolis.


0 komentar:

Posting Komentar