Sabtu, 05 Maret 2016 | By: RA #Admin#

EFFECT OF DEVELOPMENT AND ISLAM RELIGIOUS PRACTICE OF HAPPINESS IN INDONESIA

PENGARUH PEMBANGUNAN DAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEBAHAGIAAN DI INDONESIA
Disertasi yang Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
dalam Mendapatkan Gelar Doktor Ilmu Ekonomi



universitas trisakti
PROGRAM DOKTOR ILMU EKONOMI
JAKARTA
JANUARI, 2016 

Abstrak 

Kesejahteran (well-being) merupakan orientasi pembangunan.  Ukuran kesejahteraan seringkali disamakan dengan posisi material suatu negara, baik diukur melalui produk domistik bruto (PDB) maupun indeks pembangunan manusia (IPM). Padahal keberhasilan pembangunan melingkupi semua aspek terutama kebahagian yang merupakan subjek well-being. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembangunan dan pengamalan agama Islam terhadap kebahagian di Indonesia. Variabel pembangunan pada penelitian ini diwakili oleh PDRB per Kapita, Kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).Varibel pengamalan agama Islam didekati dari dimensi amalan pokok umat Islam yakni rukun Islam yang terdiri dari syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji serta perkongsian (muamalah). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder, dengan memanfaatkan data yang disediakan oleh BPS, Kementerian Agama RI, Bappenas serta lembaga-lembaga lainnya yang berkompeten. Populasi pada penelitian ini adalah 33 (tiga puluh tiga) provinsi di Indonesia, dan semua populasi dijadikan unit analisis dengan menggunakan pendekatan analisis jalur.
            Hasil penelitian menemukan bahwa pengamalan agama Islam berpengaruh secara langsung terhadap kebahagian di Indonesia, sementara itu indeks pembangunan manusia memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kebahagian di Indonesia karena harus melalui variabel pengamalan  agama Islam di Indonesia. Variabel PDRB per kapita terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap kebahagiaan di Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Sementara kemiskinan melalui pengamalan agama Islam juga terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap kebahagian di Indonesia.
            Penelitian ini merekomendasikan bahwa prinsip-prinsip Islam dalam pembangunan di Indonesia harus diterapkan supaya benar-benar dapat mencapai kesejahteraan (well-being) yang seimbang diantara lahir dan bathin. Nilai-nilai pengamalan agama Islam itu dapat dijadikan modal dasar pembangunan karena bersifat universal dan menjamin kemanfaatan semua (rahmatan lila’alamin).
             
Kata kunci :

PDRB Perkapita, Kemiskinan, IPM, Pengamalan Agama Islam, Indeks Kebahagian.

0 komentar:

Posting Komentar